Rabu, 14 Desember 2011

Rancangan Media Pembelajaran



TUGAS INDIVIDU


MATA KULIAH
Media Pembelajaran

DOSEN PEMBIMBING
Dr.INDRIATI.K,M.Pd






Oleh
AIDA FITRIANI
NIM: 59892




TEKONOLOGI PENDIDIKAN
FKIP UNIVERSITAS RIAU KERJASAMA PPs UNP PADANG
2011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Negeri 1 Rangsang          
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XI/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
                                                       Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
                                                                            Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
                                                         di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator                                 : -   Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
                                                      kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit



A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India


B.     Materi Pembelajaran
·         Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha


C.     Metode Pembelajaran

·         Diskusi
·         Ceramah
·         Tanya-jawab


D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan
·      Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah mana mayoritas penganut agama Hindu di Indonesia ?”.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


2.      Kegiatan Inti

·         Diskusi tentang lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India.
·         Tanya-jawab tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).


3.      Kegiatan Penutup

·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.



E.     Sumber Belajar

·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - 
·         Buku sumber Sejarah SMA XI IPS –   (hal 1 – 20)
·         Power point
·         Slide gambar Candi
·         Buku-buku penunjang yang relevan


F.      Penilaian

·         Portofolio berbentuk uraian analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).

 













Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
Penutup



Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
Orisinalitas karangan



Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




 

Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 













Mengetahui,                                                                            Tanjungsamak, ………..............
Kepala Sekolah SMAN.1 Rangsang                                                   Guru Mata Pelajaran


TUNJIARTO,S.Pd,M.Pd                                                       AIDA FITRIANI,S.Pd
NIP.197111242002121003                                                    NIP.197411302008012008


MEDIA  PEMBELAJARAN

CANDI CANKUANG


CANDI BOROBUDUR





CANDI SINGOSARI



CANDI JAWI


Alasan Pemilihan Media Gambar

Standar Kompetensi               : 1.     Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
                                                         Negara-negara Tradisional.
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
                                                                             Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
                                                          di Berbagai Daerah di Indonesia.
Indikator                                 : -       Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
                                                           kebudayaan Hindu-Buddha di India.


Pemilihan media gambar pada pembelajaran konsep perjalanan bangsa Indonesia pada Masa negara-negara tradisonal karena media gambar candi dengan bantuan infokus akan memberikan pemahaman tentang bukti-bukti perkembangan agama hindu – budha di Indonesia. Media gambar dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan. Siswa merasa melihat sendiri lebih dekat peninggalan kebudayaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia dengan media gambar tersebut.