TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH
Media Pembelajaran
DOSEN PEMBIMBING
Dr.INDRIATI.K,M.Pd
Oleh
AIDA FITRIANI
NIM: 59892
TEKONOLOGI PENDIDIKAN
FKIP UNIVERSITAS RIAU KERJASAMA PPs UNP PADANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Negeri 1 Rangsang
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
B. Materi Pembelajaran
· Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha
C. Metode Pembelajaran
· Diskusi
· Ceramah
· Tanya-jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah mana mayoritas penganut agama Hindu di Indonesia ?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Diskusi tentang lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India.
· Tanya-jawab tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS -
· Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – (hal 1 – 20)
· Power point
· Slide gambar Candi
· Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
· Portofolio berbentuk uraian analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan. |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian |
Orisinalitas karangan | | | | Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri |
Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
|
Mengetahui, Tanjungsamak, ………..............
Kepala Sekolah SMAN.1 Rangsang Guru Mata Pelajaran
TUNJIARTO,S.Pd,M.Pd AIDA FITRIANI,S.Pd
NIP.197111242002121003 NIP.197411302008012008
MEDIA PEMBELAJARAN
CANDI CANKUANG
CANDI BOROBUDUR
CANDI SINGOSARI
CANDI JAWI
Alasan Pemilihan Media Gambar
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
Negara-negara Tradisional.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
di Berbagai Daerah di Indonesia.
Indikator : - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India.
Pemilihan media gambar pada pembelajaran konsep perjalanan bangsa Indonesia pada Masa negara-negara tradisonal karena media gambar candi dengan bantuan infokus akan memberikan pemahaman tentang bukti-bukti perkembangan agama hindu – budha di Indonesia. Media gambar dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan. Siswa merasa melihat sendiri lebih dekat peninggalan kebudayaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia dengan media gambar tersebut.